Senin, 21 November 2011

Tips Dapur Sehat

Project Interior - Kitchen Set, Grand Wisata-Bekasi
Dapur tempat kita mengolah makanan harusnya dalam keadaan bersih dan higienis. Karena di dapur seringkali terdapat bahan makanan yang basah dan bau, maka sangat mudah sekali bagi bakteri dan kuman untuk berkumpul dan berkembang biak. Bila itu terjadi, makanan bisa menjadi tidak higienis sehingga dapat mengganggu kesehatan Anda.
Tips berikut akan membantu anda untuk memastikan kondisi dapur anda dalam keadaan bersih dan higienis:
Pastikan sirkulasi udara di dapur anda berjalan lancar. Area dapur harus memiliki ventilasi udara untuk mengalirkan asap dan uap hasil dari proses memasak untuk digantikan dengan udara segar. Bila dapur anda tidak memiliki cukup lubang udara, anda dapat menggunakan exhaust fan untuk memastikan pertukaran udara di dapur anda berjalan lancar.
Dapur Anda sebaiknya mendapat cahaya matahari yang cukup. Bila anda terlanjur menempatkan dapur di bagian yang sulit terkena matahari, anda dapat menggunakan lampu, pilihlah lampu dengan tingkat terang yang cukup agar dapur anda selalu terang dan tidak remang-remang.
Pilihlah material dapur yang selain tahan api dan panas, juga mudah dibersihkan.
Jangan menumpuk sampah makanan lebih dari 12 jam. Biasakan di saat akhir anda memasak, anda telah mengumpulkan sampah makanan dan membuangnya ke luar rumah. Sisa makanan yang dibuang juga jangan dibiarkan bermalam di tempat sampah dapur anda karena akan menimbulkan bau dan membuat bakteri berkembang biak.
Segera rapikan dan bersihkan kotoran yang tersisa setelah selesai memasak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar